Pori-Pori Wajah Besar? Makanya Jangan Pernah Melakukan Hal Ini Lagi Kalau Tidak Mau Pori-Pori Wajahmu Semakin Besar!

Pori-pori besar dan terlihat mengganggu di wajah merupakan salah satu permasalahan yang cukup mengganggu penampilan wajah. Make up yang telah di aplikasikan di wajahpun terkadang masih tidak dapat menutupi pori-pori wajah.


Selain mengganggu penampilan, pori-pori wajah yang besar dapat menyebabkan masalah pada wajah lain seperti komedo, jerawat dan kulit kusam.

Alasan lain pori-pori wajah menjadi besar adalah karena kosmetik yang salah dan faktor penuaan, juga disebabkan karena kebiasaan merawat muka yang salah. Yuk hindari kebiasaan berikut ini agar pori-pori wajah kita tidak membesar dan melebar.

5 Kebiasaan Buruk pada Wajah Ini Menjadi Penyebab Pori-Pori Besar

Segera hentikan kebiasaan buruk ini karena pori-pori besar dapat membuat munculnya minyak pada wajah menjadi berlebih sehingga menimbulkan jerawat. 

1. Memencet Komedo

Komedo bisa muncul di area hidung dan di bawah dagu. Ketika komedo muncul, kita biasanya sering memncet komedo untuk menariknya keluar dan memencetnya. Padahal kebiasaan ini justru membuat komedo semakin besar dan terlihat lebih jelas. Sebaiknya hilangkanlah komedo dengan cara alami seperti mengoleskan putih telur.

2. Memencet Jerawat

Kebiasaan memencet jerawat selain dapat menyebabkan hiperpigmental dan scar acne (bopeng), juga dapat membuat pori-pori besar loh, ladies! Yuk, hindari kebiasaan buruk ini jika ingin memiliki kulit wajah yang bersih dan cantik.

3. Malas Mencuci Muka

Jika kamu malas mencuci muka, kotoran dan minyak pada muka tentu tidak dapat terangkat dan hilang. Padahal minyak dapat menyebabkan pori-pori menjadi besar. Pori besar berkaitan dengan produksi hormon androgen yang memicu meningkatkan produksi kelenjar minyak yang diiringi dengan pelebaran pori-pori kulit.  Sebenarnya, minyak secara alami dapat mejaga pori-pori dengan membentuk lapisan. Tapi, jika berlebihan, minyak justru akan membuat pori-pori membesar.

4. Menggosok Muka Terlalu Keras


Biasakan untuk mengusap muka dengan lembut ketika kalian sedang atau setelah mencuci muka. Mengusap muka dengan tangan atau handuk terlalu keras, terutama menggosoknya ke arah bawah, dapat menyebabkan pelebaran pada pori-pori. Menggosok muka dengan haduk terlalu keras tidak akan membuat wajah menjadi lebih bersih. Alih-alih menjadi bersih, menggosok atau mengusap muka terlalu keras dapat menyebabkan iritasi dan pori-pori besar.

5. Lupa Menghapus Make Up Sebelum Tidur

Menghapus make up sebelum tidur adalah langkah yang penting. Jika tidak melakukannya, make up, minyak, dan polusi lingkungan yang terkumpul pada kulit sepanjang hari akan masuk ke pori-pori saat tidur. Tidak hanya menimbulkan jerawat, tapi mempercepat proses penuaan, dan pori-pori semakin membesar.

Bagaimana, ladies? Apa kamu diam diam sering melakukannya? Segera hentikan kebiasaan ini agar pori-pori wajah tidak menjadi besar dan menimbulkan jerawat ya. Selamat mencobanya, ladies!

Komentar