Waspada! Hamil di Atas Usia 35 Tahun, 7 Hal Penting Ini Wajib Kamu Perhatikan Baik-baik No 4 Bisa Bahaya.

Hamil diusia muda memang lebih baik dibandingkan hamil di usia yang lebih tua.  Hal ini karena jam biologis yang berbeda.  Jika kamu telah melewati usia 35, konsepsi bisa menjadi tantangan tersendiri. 


Namun, gaya hidup sehat dan perencanaan yang tepat bisa membantu kamu hamil dan mengalami kegembiraan menjadi ibu.  Berikut tips yang bisa kamu lakukan jika ingin memiliki anak pada usia di atas 35 tahun. 

1. Melakukan konseling pra-kehamilan

Seiring bertambahnya usia, kualitas dinding rahim dan sperma bisa terganggu dan bisa menunda pembuahan.  Maka dari itu sangat penting untuk kamu melakukan konseling pra-kehamilan.

2. Berhenti merokok 

Untuk kamu yang suka merokok, cobalah untuk mengurangi kebisaan itu dari sekarang.  Studi telah menunjukkan bahwa merokok mempengaruhi kesuburan seorang wanita secara negatif.

Nikotin dan racun berbahaya lainnya yang terhirup membahayakan ovarium, saluran telur dan rahim yang bisa membuat konsepsi jadi sulit. 

3. Berhenti meminum al-ko-hol
  
Penelitian telah menunjukkan hubungan langsung antara minum al-ko-hol dan penurunan kesuburan di kalangan wanita.  Inilah sebabnya mengapa ibu hamil disarankan untuk tidak merokok dan minum al-ko-hol

4. Membatasi asupan kafein 

Kafein adalah 'teman' yang buruk selama pembuahan karena menunda prosesnya. Selain itu, asupan kafein secara teratur selama kehamilan meningkatkan kemungkinan keguguran. 

5. Periksa Berat Badan 

Kelebihan berat badan atau berat badan yang kurang dapat mempengaruhi kehamilan kamu dengan buruk.  Jika kamu mengalami obesitas dan memiliki gaya hidup yang tidak sehat ini bisa mempengaruhi perubahan hormonal dan mempengaruhi ovulasi. 

6. Makan sehat 

Makan sehat adalah cara alami untuk meningkatkan kesuburan dan meningkatkan peluang pembuahan kamu.  Makanlah  buah segar, sayuran hijau dan biji-bijian, termasuk protein dan vitamin penting lainnya yang bisa mengatur produksi hormon secara alami. 

Konsumsilah makanan yang kaya akan asam lemak omega 3, vitamin B6, C, E dan beta karoten. 

7. Lakukan hubungan lebih sering 

Jika kamu berencana untuk memiliki bayi, jarang bercinta tidak akan membantu. Jadi bercintalah sesering mungkin.

Sumber : Grid.id

Komentar